Ketua DPRD kabupaten Pelalawan meragukan akan hasil sampel air limbah PT.Rapp yang telat diambil DLH

Pelalawan,SINARNUSANTARA.COM- Terkait matinya ikan di sekitar aliran pembuangan limbah PT.Rapp di ujung/hilir sungai Kampar pada Selasa (23/...


Pelalawan,SINARNUSANTARA.COM- Terkait matinya ikan di sekitar aliran pembuangan limbah PT.Rapp di ujung/hilir sungai Kampar pada Selasa (23/03/21) malam, yang terjadi disekitar parit pembuangan limbah diwater intake PT. RAPP atau tepatnya di Desa Sering, Kecamatan Pelalawan, menjadi perhatian serius dari Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan.

Dalam menyikapi masalah yang terjadi dengan kematian secara mendadak, disekitar alirang sungai Kampar, Ketua DPRD Kabupaten Pelawan melakukan Konfrensi Pers dengan sejumlah wartawan, di ruangan informasi, Gedung DPRD Pelalawan, pada hari Rabu (25/03/2021), Acara Konfrensi Pers tersebut selain dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan, Bahuruddin, SH, juga dihadiri oleh Tohaji, selaku Kepala Bidang Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pelalawan, Ir. HT Wahidin, M.si dan Kepala Bidang Dinas Perikanan, Tengku Nahar.

Menyikapi masalah yang terjadi, Baharuddin SH menyampaikan, bahwa pihaknya sudah melakukan langkah-langkah sebagai fungsi pengawasan dari DPRD Pelalawan, dengan cara menyurati Bupati Pelalawan, dan juga meminta anggota Komisi II DRPD Pelalawan untuk turun langsung ke lokasi.

"Menyikapi masalah yang terjadi, saya selaku Pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan, sudah mengambil langkah-langkah dan  memerintahkan tim dari Komisi II untuk turun ke tempat kejadian perkara. Mengenai masalah teknisnya saya selaku Pimpinan DPRD juga sudah menyurati Bupati Pelalawan secarah resmi, untuk meminta, agar saat turun ke lapangan, Komisi II didampingi oleh pihak DLH, Dinas Perikanan, dan Satpol PP,  termasuk rekan-rekan wartawan. Sebab kita mau masalah ini dibuka secara terang benderang," ujarnya.



Dalam kesempatan tersebut, Baharuddin juga sangat menyesalkan, lambatnya Dinas Lingkungan Hidup dalam pengambilan sampel, dimana menurutnya waktu pengambilan sampel sangat jauh dari waktu kejadian.

Saya juga sangat menyanyangkan lambatnya, Dinas Lingkungan Hidup dalam mengambil sampel.  Karena waktu pengambilan sampel dengan waktu kejadian agak jauh. Karena ketika saya kontak Pak Eko (Kadis Dinas Lingkungan Hidup), Pak Eko mengatakan, siang tim baru turun ke TKP  untuk mengambil sampel," ucap Baharudin SH menirukan. 

Padahal, katanya lagi, "Air ini kan terus mengalir,  jadi seharusnya waktu yang paling tepat untuk mengambil sampel adalah waktu ketika kejadian. Jadi kalau tarlambat untuk pengambilan sampel, pastinya keadaannya akan berubah," jelasnya.

Lanjutnya lagi, "Kemaren pihak dari PT. RAPP mengatakan, bahwa penyebab ikan mati karena diputas. Jadi saya agak ragu hasil uji laboratorium itu maksimal atau tidak. Karena pengambilan sampel nya agak jauh dari waktu kejadian," ucapnya. 

Selain itu, Baharuddin menyampaikan, bahwa siang ini anggota Komisi II DRPD Pelalawan akan turun ke lokasi. "Pada hari ini, sekitar jam dua siang nanti, tim dari Komisi II akan turun kelokasi. Tapi bukan hanya sekedar turun saja, nanti kalau diperlukan akan dilakukan hering untuk Rapat Dengar Pendapat. Dalam hal ini DPRD akan mengundang Pihak Perusahaan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas perikanan, karena masalah limbah ini sudah terjadi secara berulang-ulang," pungkasnya.(Ws)

COMMENTS


Name

ADVERTORIAL,1,BALI,1,BENGKALIS,7,DUMAI,9,DURI,1,INDRAGILI HILIR,3,INDRAGILI HULU,7,JAKARTA,7,KAMPAR,44,KEP.MERANTI,1,KESEHATAN,2,KUANTAN SINGINGI,5,NASIONAL,4,PEKANBARU,159,PELALAWAN,16,PEMERINTAHAN,1,RENGAT,1,RIAU,19,ROHUL,2,ROKAN HILIR,7,SIAK,2,
ltr
item
Sinar Nusantara: Ketua DPRD kabupaten Pelalawan meragukan akan hasil sampel air limbah PT.Rapp yang telat diambil DLH
Ketua DPRD kabupaten Pelalawan meragukan akan hasil sampel air limbah PT.Rapp yang telat diambil DLH
https://1.bp.blogspot.com/-EiBtNzTbxZ4/YF1sHlCFF9I/AAAAAAAAAqU/DdM1gc7EltskZ4qt8_gOHIiJmXbFGB2SQCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210326-WA0005.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-EiBtNzTbxZ4/YF1sHlCFF9I/AAAAAAAAAqU/DdM1gc7EltskZ4qt8_gOHIiJmXbFGB2SQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210326-WA0005.jpg
Sinar Nusantara
https://www.sinarnusantara.com/2021/03/ketua-dprd-kabupaten-pelalawan.html
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/2021/03/ketua-dprd-kabupaten-pelalawan.html
true
6905924838195669848
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy