Wagubri Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 Secara Virtual

 PEKANBARU,SINARNUSANTARA.COM - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 202...


 PEKANBARU,SINARNUSANTARA.COM - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Selasa (1/6/2021).

Dalam upacara peringatan Hari Pancasila yang berlangsung secara virtual ini, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai inspektur upacara.

Sedangkan yang bertindak sebagai perwira upacara Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya, dan sebagai komandan upacara adalah Kolonel Infanteri Muhammad Imam Gogor.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan, peringatan hari lahir Pancasila ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila bermasyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

"Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri," ujarnya.

Namun menurutnya, tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Di tengah globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

Selain itu, perlunya mewaspadai meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi.

"Karena ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi," tuturnya.

Apalagi saat ini, ia menambahkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi kontestasi ideologi.

Selanjutnya dengan hadirnya revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar.

Ia menyebutkan ketika konektivitas 5G melanda dunia interaksi antar dunia akan semakin cepat dan mudah.

Sehingga kemudahan interaksi antar dunia ini bisa digunakan oleh ideolog-ideolog transnasional radikal untuk merambah ke seluruh Indonesia kalangan, usia, tidak mengenal lokasi dan waktu.

Kecepatan ekspansi ideolog transnasional radikal ini bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi ini. Oleh karena itu, perlu masyarakat Indonesia perlu untuk terus memperluas dan mendalami nilai-nilai Pancasila.

"Perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa diperlukan cara-cara baru yang luar biasa memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0," tambahnya.

Kemudian, Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang keindonesiaan. Dalam kesempatan tersebut, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia.

"Selamat memperingati hari lahir Pancasila selamat membumikan Pancasila," tutupnya.

Turut hadir mendampingi Wagubri diantaranya Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Dandrem 031/WB Brigjen TNI M Syech Ismed, Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI Andi Kustoro, Kepala Kejati Riau Jaja Subagja, Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman dan undangan lainnya.

COMMENTS


Name

ADVERTORIAL,49,BALI,11,BANGKINANG,2,BBENGKALIS,12,BENGKALIS,225,BENGKALIS.,13,BENGKALS,4,DUMAI,40,DURI,9,INDRAGILI HILIR,4,INDRAGILI HULU,7,JAKARTA,9,KAMPAR,154,KAMPAR.,1,KEP.MERANTI,3,KESEHATAN,2,KUANTAN SINGINGI,7,NASIONAL,12,NASIONAL.,2,NIAS BARAT,6,PEKANBARU,255,PEKANBARU.,6,PELALAWAN,86,PELALAWAN.,4,PEMERINTAHAN,5,RENGAT,1,RIAU,20,ROHUL,4,ROKAN HILIR,137,SIAK,10,Tapanuli Selatan,1,
ltr
item
Sinar Nusantara: Wagubri Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 Secara Virtual
Wagubri Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 Secara Virtual
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXkvfDJ4jLRVyhN6_oKB1tWwsr5fYh3-dqUS5hB6FLv82RMQMG4hOiRyNOB2IH8HoSkyLw6e6H0pfkqoJneCxMU8GKp6Z3OdzlsFzUM1b3Lf3VCzUHzIpAUsWin6BIx2xVqRfJr4m81c23/s320/wagubri-ikuti-upacara-peringatan-ha.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXkvfDJ4jLRVyhN6_oKB1tWwsr5fYh3-dqUS5hB6FLv82RMQMG4hOiRyNOB2IH8HoSkyLw6e6H0pfkqoJneCxMU8GKp6Z3OdzlsFzUM1b3Lf3VCzUHzIpAUsWin6BIx2xVqRfJr4m81c23/s72-c/wagubri-ikuti-upacara-peringatan-ha.jpg
Sinar Nusantara
https://www.sinarnusantara.com/2021/05/wagubri-ikuti-upacara-peringatan-hari.html
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/2021/05/wagubri-ikuti-upacara-peringatan-hari.html
true
6905924838195669848
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy