Disaksikan Presiden RI, Gubri Syamsuar Bacakan Komitmen Percepatan Rehabilitasi Mangrove

KENDARI,SINARNUSANTARA.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, kembali mendapat kehormatan pada puncak hari Pers Nasional (HPN), setelah menda...


KENDARI,SINARNUSANTARA.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, kembali mendapat kehormatan pada puncak hari Pers Nasional (HPN), setelah mendapatkan penghargaan sebagai Inisiator Olahraga Indonesia. Gubri didaulat mewakili 9 Gubernur membacakan komitmen Pemerintah Provinsi dalam percepatan rehabilitasi mangrove, di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (9/2).

Pembacaan Komitmen tersebut dibacakan Gubri Syamsuar, dihadapan Presiden RI Joko Widodo, yang hadir secata virtual. Isi komitmen yang dibacakan Gubri, yaitu penandatanganan komitmen pemerintah provinsi untuk mendukung upaya rehabilitasi mangrove. 

Komitmen ini untuk menyadari arti penting hutan mangrove untuk kesejahteraan masyarakat. Terutama kalangan nelayan dan fungsi mangrove sebagai pelindung wilayah terluar dari abrasi serta tingginya kemampuan mangrove dalam mengurangi emisi karbon.

“Maka sembilan provinsi itu berkomitmen mendukung upaya percepatan rehabilitasi mangrove, mendorong partisipasi masyarakat dalam pelestarian dan pemanfaatan ekosistem mangrove sesuai kaidah yang berkelanjutan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi niat baik dan komitmen kami. Kendari, 9 Februari 2022," ujar Gubri saat membacakan komitmen.

“Kami yang membuat komitmen, Gubernur Provinsi Riau, Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Gubernur Provinsi Bangka Belitung. Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Gubernur Provinsi Papua, dan Gubernur Provinsi Papua Barat,” tambah Gubri.


Usai peringatan Puncak hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual, dilanjutkan dengan penanaman Mangrove di tepian laut tempat acara HPN. 

Pada penanaman tersebut Gubernur Riau diwakilkan oleh Kadis LHK Provinsi Riau, Mamun Murod. Turut hadir Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI, Puan Maharani, Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Kadis LHK Riau, Maamun Murod, mengatakan, Provinsi Riau termasuk salah satu daerah yang memiliki pulau yang sangat luas, begitu juga dengan bibir pantainya juga panjang. Sehingga diperlukan keseriusan dan komitmen, dalam upaya rehabilitasi mangrove. Apalagi Gubernur juga telah membacakannya dihadapan Presiden.

“Ini bentuk komitmen kita di Provinsi Riau dalam rehabilitasi mangrove, dan menjadikan Riau hijau. Ini akan kita implementasikan dilapangan, diwilayah-wilayah Riau yang rawan terhadap abrasi. Kita sudah memulainya sebelum komitmen ini dibacakan langsung oleh pak Gubernur. Penanaman mangrove sangat penting, apalagi sekarang sudah menjadi mata pencarian bagi masyarakat di daerah pesisir,” ujar Murod.

Penanaman mangrove di Kendari sebanyak 20 ribu tanaman mangrove yang ditanam dengan luas 4 hektar dan jarak tanam 2 x 1 meter. Untuk jenis Mangrove yang ditanam ada 2 jenis, yaitu Mangrove Rhizophora Mucronata dan Rhizophora Apiculata.

Sebelumnya, Gubernur Riau, Syamsuar juga telah menandatangani MoU komitmen percepatan rehabilitasi mangrove bersama 9 Provinsi bersempena peringatan HPN Selasa (8/2) di Kendari. Penandatanganan disaksikan Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan, Bambang Supriyanto, dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove, Hartono. (Mediacenter Riau/ji)

COMMENTS


Name

ADVERTORIAL,49,BALI,11,BANGKINANG,2,BBENGKALIS,12,BENGKALIS,225,BENGKALIS.,13,BENGKALS,4,DUMAI,40,DURI,9,INDRAGILI HILIR,4,INDRAGILI HULU,7,JAKARTA,9,KAMPAR,154,KAMPAR.,1,KEP.MERANTI,3,KESEHATAN,2,KUANTAN SINGINGI,7,NASIONAL,12,NASIONAL.,2,NIAS BARAT,6,PEKANBARU,255,PEKANBARU.,6,PELALAWAN,86,PELALAWAN.,4,PEMERINTAHAN,5,RENGAT,1,RIAU,20,ROHUL,4,ROKAN HILIR,137,SIAK,10,Tapanuli Selatan,1,
ltr
item
Sinar Nusantara: Disaksikan Presiden RI, Gubri Syamsuar Bacakan Komitmen Percepatan Rehabilitasi Mangrove
Disaksikan Presiden RI, Gubri Syamsuar Bacakan Komitmen Percepatan Rehabilitasi Mangrove
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgaVDaEgPA8OrPEoPnrSpp_5g82Qm4rEpv5aKIWfvUr-s3t9xi1ugA8354_dcqjboKUsN52gCAddGEAphblGt_sDY0tNZ297B4jDsA05VeXAu2CtsqmCB8HPGMhsWVcMyOcTLD4_WrSEEAqNWz639fUC0hNG95kughrmY0wDYhSjaBGkr43UcF5z-MGtA=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgaVDaEgPA8OrPEoPnrSpp_5g82Qm4rEpv5aKIWfvUr-s3t9xi1ugA8354_dcqjboKUsN52gCAddGEAphblGt_sDY0tNZ297B4jDsA05VeXAu2CtsqmCB8HPGMhsWVcMyOcTLD4_WrSEEAqNWz639fUC0hNG95kughrmY0wDYhSjaBGkr43UcF5z-MGtA=s72-c
Sinar Nusantara
https://www.sinarnusantara.com/2022/02/disaksikan-presiden-ri-gubri-syamsuar.html
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/2022/02/disaksikan-presiden-ri-gubri-syamsuar.html
true
6905924838195669848
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy