Bupati Rohil Hadir Peringatan 100 Tahun Wafatnya Leutenan Oei Hi Tam

  Sinarnusantara.com, Rohil - Keluarga atau keturunan Leutnan Oi Hi Tam mengumumkan peringatan 100 tahun wafatnya Leutnan Oi Hi Tam 1922-202...


 


Sinarnusantara.com, Rohil - Keluarga atau keturunan Leutnan Oi Hi Tam mengumumkan peringatan 100 tahun wafatnya Leutnan Oi Hi Tam 1922-2022, Senin (21/3/2022).

Peringatan yang dilaksanakan di makam Oei Hi Tam, Jalan Pahlawan, Gang Putra tersebut secara langsung dihadiri Bupati Rohil Afrizal Sintong, Kajari Rohil Yuliarni Appy, anggota DPRD Rohil Jaskori, para kepala OPD, Ketua multi marga tionghoa Rendi Gunawan, para keturunan dan keluarga Letnan Oei Hi Tam dan berbagai unsur lainnya.

Siswaja Mulajdi sebagai ketua panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan, oei hi tam adalah seorang kapiten pertama di Bagansiapiapi.

"Perayaan seperti ini sudah sangat wajar dilakukan sebagai bentuk terima kasih atas jasa dan pengabdiannya saat itu," katanya.

Adapun beberapa jasa oei hi tam lanjutnya, diantaranya bidang pendidikan yang memprakarsai pendirian pendidikan dan bank dimana bank. Dimana, BRI nomor 2 di Indonesia ada di Bagansiapiapi.

"Dibidang sosial juga menjangkau dengan perwakilan pemerintah Belanda saat itu membuat klinik yang saat ini RSUD RM Pratomo dan masih kita nikmati. Karena jasa beliaulah banyak yang kita rasakan saat ini, sehingga peringatan ini mengingatkan kita bahwa dulu ada seorang kapitan sangat berjasa di Bagansiapiapi," jelasnya.

Pada saat ini disebutkan, juga sebagai pernyataan kepada Pemda agar mencari data maupun fakta tentang sejarah yang telah disampaikan, jika keberadaan dan sejarah itu benar, maka sudah selayak nya Pemda memberikan penghargaan kepada beliau dan keluarga maupun keturunannya.

Dalam peringatan ini tambah Siswaja, juga dilaksanakan bakti sosial pengobatan gratis, vaksinasi serta donor darah. Selain itu, juga ada 70 paket bantuan sosial kepada masyarakat sekitar, ritual dan doa bersama keluarga.

Kartono huang yang merupakan salah satu keturunan oei hi tam dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Rohil dan kami menyatakan bahwa telah hadir dalam peringatan 100 tahun wafatnya Kapiten Oei Hi Tam.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan mengenang 100 Tahun wafatnya Leutenan Oi Hi Tam yang banyak berkontribusi untuk Bagansiapiapi.

"Mungkin banyak diantara kita yang belum tahu tentang sejarahnya dan pembangunan yang ia lakukan pada masa itu. Diantaranya mendirikan sekolah, rumah sakit, bank dan lainnya," katanya.

Selaku Pemerintah Daerah menyebutnya, tentunya menyambut baik kegiatan tersebut karena memiliki nilai positif bahwa salah satu warga Tionghoa ratusan tahun lalu telah berkontribusi turut membangun daerah ini.

Pasti tambah Bupati, ini sangat patut dicontoh dan diikuti jejaknya oleh generasi penerus saat ini. Salah satunya lagi, ada warga Tionghoa dari Rohil yang sudah sukses di Jakarta, dan mereka bersama-sama siap membangun jembatan Sinaboi dengan anggaran 26 Milyar.

"Inilah yang kami harapkan, kita sama-sama membangun daerah yang kita cintai ini. Semoga arwah Kapiten Oi Hi Tam ditempatkan di tempat yang layak dan semakin banyak lagi muncul Kapiten Oei Hi Tam lainnya di Rohil ini," terangnya.*****


 

COMMENTS


Name

ADVERTORIAL,49,BALI,11,BANGKINANG,2,BBENGKALIS,12,BENGKALIS,225,BENGKALIS.,13,BENGKALS,4,DUMAI,40,DURI,9,INDRAGILI HILIR,4,INDRAGILI HULU,7,JAKARTA,9,KAMPAR,154,KAMPAR.,1,KEP.MERANTI,3,KESEHATAN,2,KUANTAN SINGINGI,7,NASIONAL,12,NASIONAL.,2,NIAS BARAT,6,PEKANBARU,255,PEKANBARU.,6,PELALAWAN,86,PELALAWAN.,4,PEMERINTAHAN,5,RENGAT,1,RIAU,20,ROHUL,4,ROKAN HILIR,137,SIAK,10,Tapanuli Selatan,1,
ltr
item
Sinar Nusantara: Bupati Rohil Hadir Peringatan 100 Tahun Wafatnya Leutenan Oei Hi Tam
Bupati Rohil Hadir Peringatan 100 Tahun Wafatnya Leutenan Oei Hi Tam
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEggMC2M6ovVa-y3-1pCxvSaPJrFfq1YEQzWMwFO-0JDkJxQQ5QbhQAWFb4oBKK-0-wGe6OC58OvpFPHjuf7WKQoN_c_n8J40EJie6xD0IfdYGlzRsXVcn5zEQWrv5b-t7BWu9q_cV3BFxIOS2xiAJ3q5wA9MfePqswhNldbD-JUTNrbDBAxHPHDTME0oQ=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEggMC2M6ovVa-y3-1pCxvSaPJrFfq1YEQzWMwFO-0JDkJxQQ5QbhQAWFb4oBKK-0-wGe6OC58OvpFPHjuf7WKQoN_c_n8J40EJie6xD0IfdYGlzRsXVcn5zEQWrv5b-t7BWu9q_cV3BFxIOS2xiAJ3q5wA9MfePqswhNldbD-JUTNrbDBAxHPHDTME0oQ=s72-c
Sinar Nusantara
https://www.sinarnusantara.com/2022/03/bupati-rohil-hadir-peringatan-100-tahun.html
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/2022/03/bupati-rohil-hadir-peringatan-100-tahun.html
true
6905924838195669848
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy