LSM Desak Disdik Riau Tambah Ruang Kelas SMAN

 Sinarnusantara.com, Pelalawan - PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) salah satunya Kabupaten Pelalaw...


 Sinarnusantara.com, Pelalawan - PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) salah satunya Kabupaten Pelalawan dan kota pekanbaru, yang sudah usai dilaksanakan. Hanya saja masih menyisakan persoalan, diantaranya ratusan calon murid tak tertampung di sekolah negeri meskipun domisili mereka masuk dalam zonasi sekolah.

Alasan utama sekolah tak bisa menampung seluruh calon murid dalam zonasi karena keterbatan ruang kelas. Di Pangkalan Kerinci misalnya, banyak orangtua mengeluhkan anaknya tak tertampung di SMAN 1, SMAN 2 dan Bernas.

Oleh sebab itu Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau diminta untuk menambah lokal kelas. Pasalnya, pada PPDB tahun ini, masih banyak calon murid SMA tak tertampung.

Terkait persoalan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pelalawan, H Abu Bakar, mendesak Disdik Riau untuk membuat kebijakan. Ucapnya pada Kamis, 14/7/22.

"Kita minta kebijakan provinsi untuk menambah lokal. Karena pada PPDB tahun ini, masih ada ratusan calon murid SMA di Pangkalan Kerinci tak tertampung sekolah negeri," terangnya.

Ditegaskannya, Disdik Riau agar segera melakukan penambahan ruang belajar baru karena hal itu merupakan kewenangan pemerintah provinsi.

"Jika provinsi tak mau menambah lokal, maka calon siswa SMA yang tidak tertampung di tiga sekolah itu mau dikemanakan?," paparnya.

"Disdik Riau harus memberikan izin kepada tiga sekolah ini untuk menambah lokal belajar," lanjut Abu Bakar.

Lebih lanjut disampaikannya, melalui komite telah disampaikan usulan tersebut kepada Disdik Provinsi Riau. Bahkan, sudah dua kali upaya itu dilakukan. Namun usaha itu sia-sia, lantaran tak satupun pejabat Disdik Riau bisa ditemui.

"Bahkan selaku kepala Disdik Kabupaten Pelalawan, saya juga telah mencoba berkomunikasi ke Disdik Provinsi, namun tidak ada respon sama sekali," ungkapnya.

Abu Bakar menyatakan, Disdik Provinsi harus bertangungjawab dengan calon murid SMA yang tidak terakomodir di sekolah negeri. "Harus ada solusi dari Disdik Riau," tandasnya.

Hal yang sama di sampaikan Yulius Halawa Wakil Ketua DPP LSM-IPPH yang membidangi Bidang Pendidikan. Mengatakan, bahwa bukan hanya pelalawan saja yang mengalami daya tampung penerimaan siswa tahun ini, bahkan yang sama di alami di kota pekanbaru juga kabupaten lainya. Maka dengan itu kita dari LSM meminta dan berharap kepada Disdik riau agar mencari solusi.

Tambah Yulius, sesuai survei kita terkait masalah zonasi kususnya kota SMAN pekanbaru. Yang mana juga banyak terdapat pendaftaran siswa baru dan bahkan banyak juga di terima dengan hanya surat keterangan domisili dari RT, RW dan Lurah juga hanya nompang di Kartu keluarga famili mereka, sementara para wali murid dan siswa yang mendaftar, yang sudah bertahun-tahun di sekitar wilayah sekolah bisanya tersigkir alias tidak lulus zona.

Maka dalam persoalan ini kita dari aktifis sangat berharap kepada dinas dan pihak terkait, agar mengkaji dan mencarai solusi pada penerima siswa tahun ini dan di tahun-tahun yang akan datang. Harap dan pinta YH yang juga aktif sebagai pengurus DPD Lembaga Anti Narkotika Prov Riau. Pada Jumat, 15/7/22 di salah satu tempat di kota pekanbaru (Red) ***

COMMENTS

Name

ADVERTORIAL,7,BALI,3,BENGKALIS,112,DUMAI,24,DURI,1,INDRAGILI HILIR,4,INDRAGILI HULU,7,JAKARTA,7,KAMPAR,101,KEP.MERANTI,1,KESEHATAN,2,KUANTAN SINGINGI,7,NASIONAL,5,NIAS BARAT,5,PEKANBARU,212,PELALAWAN,49,PEMERINTAHAN,1,RENGAT,1,RIAU,20,ROHUL,2,ROKAN HILIR,57,SIAK,8,
ltr
item
Sinar Nusantara: LSM Desak Disdik Riau Tambah Ruang Kelas SMAN
LSM Desak Disdik Riau Tambah Ruang Kelas SMAN
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7tqisUhrkZTqvOmxIah88Gr6K0OWanOTp6yRzq2tHvyQ2a-5s8s2PjhKipAnVSTwQ-Wh43O-R26mplfmccO4Cg77belzMZ1-O41r4kMExrS2C7Ei751mRDedNGxebZBxCzoPp4KVakeRUOfLMVTXTJ8Jx_Qw7jvxi_7CnBBM6XrRcA_h4-yh-dbwMCA/s320/IMG-20220715-WA0018.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7tqisUhrkZTqvOmxIah88Gr6K0OWanOTp6yRzq2tHvyQ2a-5s8s2PjhKipAnVSTwQ-Wh43O-R26mplfmccO4Cg77belzMZ1-O41r4kMExrS2C7Ei751mRDedNGxebZBxCzoPp4KVakeRUOfLMVTXTJ8Jx_Qw7jvxi_7CnBBM6XrRcA_h4-yh-dbwMCA/s72-c/IMG-20220715-WA0018.jpg
Sinar Nusantara
https://www.sinarnusantara.com/2022/07/lsm-desak-disdik-riau-tambah-ruang.html
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/2022/07/lsm-desak-disdik-riau-tambah-ruang.html
true
6905924838195669848
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy