Wartawan PN Silaturrahmi ke MA dan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum

  Sinarnusantara.com,Jakarta - Dalam rangka memupuk rasa persaudaraan dengan berbagai mitra kerja dan upaya peningkatan sumber daya peliput...


 


Sinarnusantara.com,Jakarta - Dalam rangka memupuk rasa persaudaraan dengan berbagai mitra kerja dan upaya peningkatan sumber daya peliputan 

wartawan dilingkungan lembaga peradilan, utusan wartawan dari Pengadian Negeri (PN) Pekanbaru melakukan kunjungan kerja dan silaturrahmi ke Mahkamah Agung (MA) di Direktora Jenderal (Ditjen) Badan Peradilan Umum (Badilum) RI di Jakarta, Senin (10/10/2022).

Kunjungan silaturrahmi yang dilakukan wartawan yang sehari-hari melakukan peliputan di Pengadilan Negeri Pekanbaru tersebut sudah lama direncakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan jurnalistik dalam meliput peradilan tingkat pusat serta menjaga hubungan silaturrahmi dengan mitra kerja.

''Alhamdulilah, akhirnya kunjungan ini dapat terwujud. Kami tentu mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang sudah mensupport keberangkatan kawan-kawan sampai sejauh ini,'' ujar kordinator WPN Alwinsya Putra diwakili kordinator panitia pelaksana Ferizal.

Rombongan WPN ini berangkat dari Pekanbaru menuju Jakarta pada Senin pagi itu, langsung menuju Humas Mahkamah Agung RI dan disambut langsung Kabiro Hukum dan Humas Dr.H.Sobandi.SH.MH dengan Melalui Kasubag Pepy SH.MH. Rombongan PN Pekanbaru memperkenalkan diri dan saling berdiskusi terkait tugas pokok Mahkam Agung (MA).serta bagaimana sistem peliputan di MA sendiri.

''Kita disini tidak ada posko untuk kawan-kawan jurnalis, apalagi sejak masa pandemi dua terakhir ini. Kita lebih kepada berita rilis ketika ada giat dan kita sudah mengantongi sejumlah nama-nama wartawan hukum, baik media lokal maupun Nasional terutama,'' sebutnya.

Kondisi itu, lanjutnya, berbeda dengan di daerah, sebab banyak kegiatan dan perkara yang harus diketahui publik, sehingga lembaga peradilan mestinya menyiapkan media centar untuk rekan-rekan jurnalis.

Dari sini rombongan WPN juga memberikan plakat sebagai bentuk cendramata kepada Humas MA sebagai tanda mitra kerja Peradilan tingkat tertinggi di negara ini, sekaligus foto bersama mengabadikan momen berharga bagi jurnalis yang bertugas di daerah bidang peliputan peradilan tersebut.

''Terima kasih kami ucapkan kepada pejabat MA yang sudah menerima kami. Semoga jalinan silaturrahmi ini dapat memupuk rasa persaudaraan antara pers dan Mahkamah Agung sebagai mitra kerja sampai ke jajaran paling bawah di PN,'' sebut panitia kunjungan WPN Ferizal.

Usai kunjungan ke MA, rombongan berlanjut ke Kantor Direktur Jenderal Badilum yang jarakanya cukup jauh dari gedung MA Jakarta Pusat tersebut, hingga menjelang waktu sore tiba di Gedung lantai 7 Jalan Gempol - Malang Cempaka Putih Timur No.58 Jakarta Pusat

Meskipun cukup antre, sebab banyak tamu yang menunggu, rombongan WPN, akhirnya menjadi tamu terakhir Dirjen Badilum H.Bambang Myanto SH. MH.yang tak lain merupakan mantan Ketua PN Pekanbaru yang tak asing lagi dikalangan wartawan yang sehari-hari mangkal di PN Pekanbaru.

Menjadi tamu terakhir Dirjen, merupakan sebuah kehormatan bagi Alwinsyah dan kawan-kawan bisa menyambangani dan ditemui oleh lembaga dan jabatan sekelas Dirjen pada sore itu.

''Ini tentu sebuah kehormatan bagi kami dapat berjumpa langsung dengan Pak Dirjen yang sudah tak asing bagi kami wartawan di PN Pekanbaru, hampir dua tahun beliau bertugas di PN Pekanbaru dan berbaur bersama rekan-rekan media,'' sebutnya.

Sesaat rombongan wartawan masuk ke ruangan Dirjen Badilum, H Bambang Myanto, langsung disambut hangat dengan senyum khas mantan hakim agung pada PT Denpasar, tempat tugas terakhir Bambang sebelum dilantik menjadi Dirjen.

''Tentu saya tak lupa kepada adik-adik dan kawan kawan wartawan dari PN Pekanbaru, ya. Kapan sampai ke Jakara, sudah kemana saja,'' Dirjen mengawali bicaranya yang sore itu ia bicara lepas dan santai saat jam menjelang masuk waktu magrib 

tersebut. 

Tak lupa Dirjen menyampaikan kepada rombongan WPN bahwa kemarin belum bisa memberikan jawaban pasti terkait menerima kunjungan WPN di kantornya saat itu mengingat padatnya jadwal dan agenda Ditjen, akhir-akhir ini.

''Disamping aganda internal dan mengikuti rapat-rapat di kantor, dalam sehari itu terkadang ada kunjungan dua kali ke daerah yang berbeda-beda provinsi. Jadi belum sempat memberikan jawaban pasti kepada rekan-rekan media dari Pekanbaru yang 

hendak kunjungan ke sini,'' ceritanya.

Sungguh pun demikian, pihaknya mengaku senang dapat dikunjungi mitra kerja dari WPN yang dulunya dirinya lama bertugas di Ibukota Provinsi Riau tersebut.  

''Rekan-rekan datang saat waktu yang tepat, sebab kalau saya janjikan takutya ada agenda saya yang padat, sehingga kita tidak bertemu. Tentu adanya kunjungan ini saya senang, sebab sudah lama kita tidak betemu,'' sebut Bambang yang sore itu.

Terlihat santai sambil bercerita panjang lebar, hingga ia menduduki orang nomor dua sebagai wakil pimpinan di lingkungan MA tersebut.

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum sendiri merupakan unit eselon I pada Mahkamah Agung RI yang mempunyai tugas antara lain merumuskan dan melaksanakan kebijaksanaan dan standarisasi teknis dibidang administrasi, keuangan dan 

organisasi ketatalaksanaan bagi tenaga kesekretariatan peradilan umum di Indonesia.

Bambang juga menyampaikan tentang Visi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum mengacu pada visi Mahkamah Agung Republik Indonesia, yakni aitu "Terwujudnya Badan Peradilan Umum yang Agung" di tanah air.



Sementara Misi Direktorat Jenderal Badlilum sendiri Menjaga Kemandirian Aparatur Peradilan Umum,Meningkatkan Pembinaan 

Manajemen Peradilan Umum, Meningkatkan Kualitas Aparatur Peradilan Umum

Menjaga kemandirian aparatur peradilan umum dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi secara efektif untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan yang tertuang dalam UUD 1945 pasal 24 ayat l, melalui pembinaan berkelanjutan terkait dengan integritas aparatur peradilan, untuk mewujudkan aparatur yang mandiri dalam arti bebas dari pengaruh, tekanan atau ancaman, baik langsung ataupun tidak langsung dan meningkatkan Akuntabilitas dan 

Transparansi Peradilan Umum.

''Utama kita bagaiman meningkatkan kualitas Aparatur Peradilan umum melalui, Profil Assesment, Fit and Proper Test, studi banding, Pembekalan Manajemen Peradilan Umum, diklat teknis peradilan dan diklat manajemen dan kepemimpinan, secara terencana, terarah, objektif, transparan, terukur dan berkeadilan, untuk mewujudkan aparatur peradilan umum yang profesional di bidangnya,'' jelasnya.



Usai pertemuan, rombongan WPN saling bertukar cenderamata dengan Dirjen Badilum sambil foto bersama.

''Sekali lagi, terima kami ucapkan kepada Pak Dirjen yang sudah menerima kami dan ternyata sosok beliau masih seperti dulu. Kalem, lembut dan bersahaja saat menerima tamu, sungguh ini sebuah kehormtan besar bagi kami dapat berjumpa langsung dengan Pak Dirjen. Semoga silaturahmi ini ke depan selalu terjaga,'' harap Ferizal mewakili rekan-rekan WPN.(Tim) ***

COMMENTS

Name

ADVERTORIAL,24,BALI,3,BANGKINANG,2,BBENGKALIS,3,BENGKALIS,123,DUMAI,24,DURI,2,INDRAGILI HILIR,4,INDRAGILI HULU,7,JAKARTA,7,KAMPAR,113,KEP.MERANTI,2,KESEHATAN,2,KUANTAN SINGINGI,7,NASIONAL,7,NIAS BARAT,5,PEKANBARU,221,PELALAWAN,62,PEMERINTAHAN,1,RENGAT,1,RIAU,20,ROHUL,2,ROKAN HILIR,74,SIAK,8,Tapanuli Selatan,1,
ltr
item
Sinar Nusantara: Wartawan PN Silaturrahmi ke MA dan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum
Wartawan PN Silaturrahmi ke MA dan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhcIXj8alx2P5SUugKThWbVfznVThzwHK-LzIHKa4kNzIZhaQM6RgkoRTeccpaCrqG2yCMfZXrKHK7v8RjXvLpYa-Gtt9Ejqz5_ezqQzvtE4fL9JTsO38hAJzbtia4vV-9w4f-GNhEyukJG-dj54sQpd5cZ4SwAq8nZDVoDhLcnrY8RFdFNVZ9RvWqSlw/s320/IMG-20221013-WA0001.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhcIXj8alx2P5SUugKThWbVfznVThzwHK-LzIHKa4kNzIZhaQM6RgkoRTeccpaCrqG2yCMfZXrKHK7v8RjXvLpYa-Gtt9Ejqz5_ezqQzvtE4fL9JTsO38hAJzbtia4vV-9w4f-GNhEyukJG-dj54sQpd5cZ4SwAq8nZDVoDhLcnrY8RFdFNVZ9RvWqSlw/s72-c/IMG-20221013-WA0001.jpg
Sinar Nusantara
https://www.sinarnusantara.com/2022/10/wartawan-pn-silaturrahmi-ke-ma-dan.html
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/2022/10/wartawan-pn-silaturrahmi-ke-ma-dan.html
true
6905924838195669848
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy