Komisi III Memintak Masukan tentang Pembiayan Mikro dan Ultra Mikro

  Bengkalis, Sinarnuantara,com - Untuk mengetahui program pembayaran usaha mikro masyarakat, Komisi III menyambangi PT. Permodalan Nasional ...


 

Bengkalis, Sinarnuantara,com - Untuk mengetahui program pembayaran usaha mikro masyarakat, Komisi III menyambangi PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Pekanbaru Bertempat Jl. Dt Setia Maharaja Komp. Perkantoran Permata Hijau Kel. Tangkerang Labuai Kec. Bukit Raya, Pada Jumat, (25/02/2023).

Kedatangan Komisi III disambut oleh Kepala Devisi Puji Riyanto, Kepala Bagian Melky, Pemimpin Cabang Suhardjo, Manajer Regional Mekar Sheila Pratiwi Nasution, Yossi Febri Sari dan Manajer Pengawasan dan Monitoring Tati Utama.

Suhardjo selaku pemimpin cabang menyampaikan PNM adalah pembiayaan mikro dan ultra mikro untuk pembiayaan pada kelompok prasejahtera dan miskin ekstrim serta melakukan pendampingan persistem.

Di Kabupaten Bengkalis ada 10 unit bisnis mekar pembina keluarga sejahtera dengan pembiayaan kelompok pra sejahtera dan kemiskinan ekstrim dengan membentuk usaha-usaha secara perkelompok dengan tanggungjawab secara individual terhadap usaha yang dijalankan.

Disamping itu, Kepala Devisi Bisnis Puji Riyanto menambahkan dengan adanya kelompok mekar membantu masyarakat miskin dalam menjalankan usaha perkelompok ibu-ibu supaya tidak bergantung dengan penghasilan suami.

"Mari kita bersama-sama membantu masyarakat kita dalam mengembangkan usahanya dari kelompok sampai bisa berdiri sendiri, kita juga melihat dari keahliannya supaya kelompok tersebut aktif," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi III Surya Budiman menyampaikan bahwa mitra Komisi III ada Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi, Dinas Perizinan dan Perbankan yang semua nya berhubungan dengan usaha Rakyat UMKM, dengan masa jabatan yang ada, ketika diberi amanah ini kita bisa bersinergi dengan OPD mitra kerja Komisi III dan PNM dalam membina usaha masyarakat dalam upaya mensukseskan program pemerintah meningkatkan Kesejahteraan masyarakat.

"Dengan adanya pertemuan ini kita bisa saling Sharing bersama PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) terhadap pelaku usaha yang ada di Kabupaten Bengkalis dengan mengetahui program-program PNM yang akan kami sampaikan kepada masyarakat, tentunya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui program yang dijalankan oleh PNM yang bisa mempermudah masyarakat dalam mengembangkan usahanya, karena selama ini masyarakat sering terkendala modal awal untuk buka usaha," ungkapnya.

Selain itu, Manajer Regional Mekar Sheila Pratiwi Nasution menjelaskan, "Saya diamanahkan untuk mengelola pelaku usaha di wilayah Kabupaten Bengkalis dimana ada 10 unit Kelompok Mekar yaitu di Bantan, Bengkalis, Bukit Batu, Pinggir I, Pinggir II, Mandau I, Mandau II, Mandau III, Bathin Solapan dan Pulau Rupat, untuk di ketahui bersama PT. PNM didirikan oleh Bapak PJ Habibie pada tanggal 1 Juni 1999 sebagai lembaga keuangan khusus permodalan, salah satu jasa pembiyaan termasuk kredit program dan manajemen," jelasnya.

Sampai saat ini Unit Mekar terdiri dari kelompok Ibu-Ibu dengan keungulan pemberian modal usaha tanpa agunan sama sekali dan memenuhi syarat-syarat oleh nasabah baik itu yang sudah mempunyai usaha maupun belum, PNM akan mendampinginya sampai uji kelayakan penerima bantuan modal usaha tersebut dengan niat membantu masyarakat meningkatkan perekonomian keluarga.

"Pendamping Unit Mekar rata-rata tamatan SMA, apabila ada lowongan pekerjaan di perusahaan PNM kami akan menerima anak daerah karena mereka lebih mengetahui usaha di wilayah mereka sendiri yang harus dikembangkan dengan harapan bisa meningkatkan usaha nasabah dengan mencapai visi misi yang telah dibentuk sampai saat ini nasabah di wilayah Kabupaten Bengkalis rata-rata perdagangan dan tidak ada yang menunggak dalam pembayaran angsuran permodalan usaha yang telah diberikan," jelasnya.

Tidak hanya itu, beliau juga mengatakan saat ini PNM dalam proses pembelajaran pembayaran angsuran nasabah secara Mobile digital, tidak lagi pembayaran secara manual lagi contohnya seperti Banking.

"Apa yang disampaikan tadi menjadi informasi bagi kita dalam menyampaikan kepada masyarakat karena pada waktu dekat ini kita akan melaksanakan reses delapan titik yang akan membantu menyampaikan informasi dan menampung aspirasi-aspirasi masyarakat di daerah," ujar Surya Budiman menanggapi.

"Yang menjadi kategori kelompok usaha mekar yang dijalankan oleh PT. PNM salah satunya melihat luas rumah yang diduduki oleh nasabah, ini perlu pertimbangan bagi kita karena dari segi kasarnya kelihatan mampu tetapi orang tersebut menjadi penggerak di kelompok usaha dalam hal ini perlu kita teliti lagi, Semoga apa yang telah kita diskusikan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan kesejahteraan masyarakat kedepannya serta dengan adanya program-program PNM ini bisa kita lakukan Clonning di masyarakat dalam mengenal program PNM tersebut," tegasnya.

Anggota Komisi III Horas Sitorus juga mempertanyakan pengusaha individu contohnya seperti menjahit yang mungkin saja bisa mendapatkan program PNM tersebut.

Puji Riyanto menjelaskan bahwa program PNM ini dilakukan secara berkelompok, tidak individual dan apabila sudah bisa mengembangkan usaha mereka maka mereka boleh meneruskannya secara individual tetapi pertanggungjawaban tetap dilakukan secara bersama dalam pembayaran angsuran permodalan yang telah diberikan.(Suber Humas DPRD)

COMMENTS



Name

ADVERTORIAL,40,BALI,11,BANGKINANG,2,BBENGKALIS,11,BENGKALIS,207,BENGKALIS.,12,BENGKALS,4,DUMAI,37,DURI,9,INDRAGILI HILIR,4,INDRAGILI HULU,7,JAKARTA,9,KAMPAR,153,KAMPAR.,1,KEP.MERANTI,3,KESEHATAN,2,KUANTAN SINGINGI,7,NASIONAL,12,NASIONAL.,2,NIAS BARAT,6,PEKANBARU,252,PEKANBARU.,6,PELALAWAN,83,PELALAWAN.,4,PEMERINTAHAN,5,RENGAT,1,RIAU,20,ROHUL,4,ROKAN HILIR,132,SIAK,10,Tapanuli Selatan,1,
ltr
item
Sinar Nusantara: Komisi III Memintak Masukan tentang Pembiayan Mikro dan Ultra Mikro
Komisi III Memintak Masukan tentang Pembiayan Mikro dan Ultra Mikro
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhksoVfgfEA_4mAwTcGmZQQSiTJmQoyAbb_HSl8kPSLJFiYVhxFbjbEHx3t6OwXM0OOutxHzilmZ7MKyXBpCnjmVIJYZjvMuYNZ4jGDbrR88U0VDwxjvcqvcg21UvrKVkhSb9xYCXtHoWG4A0i6O3YH_s3MX7q3qQHQlokHVBjuJvIaZYqWIhUAUnAoZg/s320/IMG-20230228-WA0009.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhksoVfgfEA_4mAwTcGmZQQSiTJmQoyAbb_HSl8kPSLJFiYVhxFbjbEHx3t6OwXM0OOutxHzilmZ7MKyXBpCnjmVIJYZjvMuYNZ4jGDbrR88U0VDwxjvcqvcg21UvrKVkhSb9xYCXtHoWG4A0i6O3YH_s3MX7q3qQHQlokHVBjuJvIaZYqWIhUAUnAoZg/s72-c/IMG-20230228-WA0009.jpg
Sinar Nusantara
https://www.sinarnusantara.com/2023/02/komisi-iii-memintak-masukan-tentang.html
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/2023/02/komisi-iii-memintak-masukan-tentang.html
true
6905924838195669848
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy