Komisi 1 Dorong Peranan FKUB, FKDM dan FPK Bengkalis

 Payakumbuh, Sinarnusantara.com - Demi kelancaran tugas dan fungsi FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama), FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyar...



 Payakumbuh, Sinarnusantara.com - Demi kelancaran tugas dan fungsi FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama), FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) dan FPK (Forum Pembauran Kebangsaan), dibutuhkan kiat-kiat khusus agar ke-3 forum ini dapat bekerja dengan maksimal dan turut membantu menyelaraskan kegiatan/program Pemerintahan Daerah agar lebih efektif.

Sebagaimana yang dikatakan Ketua Komisi I Febriza Luwu saat membuka diskusi bersama Kesbangpol Payakumbuh dengan menjabarkan FKUB, FKDM dan FPK yang masing-masing telah disetujui anggarannya oleh DPRD Kabupaten Bengkalis melalui Badan Kesbangpol, pada Jumat (10/03/2023).

"Badan Kesbangpol Bengkalis diharapkan dapat mencontoh Kesbangpol Payakumbuh karena seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa ke-3 forum ini telah lebih dulu aktif dan berada di tengah-tengah masyarakat Payakumbuh," lanjut Ketua Komisi I.

Kepala Kesbangpol Payakumbuh Dipa Surya Persada kemudian dengan lugas memaparkan fungsi FKUB, FKDM dan FPK yg memang telah aktif berada di tengah-tengah masyarakat.

"Masyarakat Payakumbuh memiliki keberagaman agama. Kerukunan beragama terwujud dalam FKUB karena kepengurusan dari tingkat kota dan kecamatan juga diisi oleh tokoh-tokoh dengan latar belakang agama yang berbeda-beda. Kegiatan-kegiatan FKUB berjalan dengan aman tanpa adanya konflik, sementara itu kebijakan Pemda terkait pengurusan rumah ibadah, 1 masjid 1 kelurahan dan lain-lain FKUB turut berperan serta dalam penerapan ataupun pengawasannya," ucap Dipa.

Ia menambahkan "Sementara FKDM dapat diibaratkan sebagai "intel" di masyarakat. Cegah dini terhadap konflik, mengedepankan kepentingan daerah, menghimpun segala informasi yang ada di masyarakat baik pada isu sosial, politik dan budaya. Bahkan kepengurusan FKDM telah ada mulai dari tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan," ungkapnya.

"Pada FPK, fokusnya di etnis/suku. Payakumbuh telah membentuk 1 kelurahan yaitu Kampung Pembauran yang kaya akan asimilasi. Banyak TKA (Tenaga Kerja Asing) yang disarankan untuk tinggal di Kampung Pembauran tersebut agar dapat lebih mengenal sosial budaya kultur masyarakat Payakumbuh lebih dekat," pungkas Dipa.

H. Arianto Anggota Komisi I dalam kesempatannya menekankan pada fungsi Badan Kesbangpol agar memiliki peranan yang lebih kuat dalam 3 forum ini. "Kesbangpol tidak hanya urusan Parpol saja namun kegiatan-kegiatan forum seperti di Payakumbuh ini patut kita contoh untuk dapat diterapkan di Kabupaten Bengkalis," ujarnya.

Dipa kembali menambahkan, ke-3 forum ini juga rutin melaksanakan rapat-rapat kerja dimana Forkopimda terlibat di dalamnya dengan melaksanakan pertemuan minimal 1 kali dalam 2 bulan untuk berkoordinasi, dengan Kesbangpol sebagai jembatannya.

Jefri, Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional Badan Kesbangpol Bengkalis mengungkapkan bahwa FKUB, FKDM dan FPK tingkat Kabupaten telah dibentuk dan mulai melakukan sosialisasi ke masyarakat. 3 forum ini juga telah disiapkan ruangan atau sekretariatnya di kantor Kesbangpol Bengkalis. Ia turut mengucapkan terima kasih kepada Kesbangpol Payakumbuh atas informasi dan sharing yang telah diberikan sehingga Kesbangpol Bengkalis pun dapat menerapkan kegiatan-kegiatan yang telah dijabarkan sebelumnya.

Di akhir pertemuan Rombongan Komisi I mengucapkan terima kasih kepada Kesbangpol Payakumbuh atas waktu dan tempat yang telah diberikan.(suber Humas DPRD)

COMMENTS


Name

ADVERTORIAL,49,BALI,11,BANGKINANG,2,BBENGKALIS,11,BENGKALIS,207,BENGKALIS.,12,BENGKALS,4,DUMAI,37,DURI,9,INDRAGILI HILIR,4,INDRAGILI HULU,7,JAKARTA,9,KAMPAR,153,KAMPAR.,1,KEP.MERANTI,3,KESEHATAN,2,KUANTAN SINGINGI,7,NASIONAL,12,NASIONAL.,2,NIAS BARAT,6,PEKANBARU,252,PEKANBARU.,6,PELALAWAN,86,PELALAWAN.,4,PEMERINTAHAN,5,RENGAT,1,RIAU,20,ROHUL,4,ROKAN HILIR,137,SIAK,10,Tapanuli Selatan,1,
ltr
item
Sinar Nusantara: Komisi 1 Dorong Peranan FKUB, FKDM dan FPK Bengkalis
Komisi 1 Dorong Peranan FKUB, FKDM dan FPK Bengkalis
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEillJ6hy5njJZ6CphvRZ3M9FWpLsydpTO4cjRPifA8-tSQvrPnLFgc7H-PHqd0nkJsrzgLCglCAIQfV0-NYo5OhBgyavZm4h6Kwbl2SSPm9KQEHT2UEIJo1U6e92rU0LRvyXCWWgoRClN3rIZRTvK8LsM0KuM8S94jd6s9roZhvSVVNpJ0l3JkE73QgdA/s320/IMG-20230313-WA0014.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEillJ6hy5njJZ6CphvRZ3M9FWpLsydpTO4cjRPifA8-tSQvrPnLFgc7H-PHqd0nkJsrzgLCglCAIQfV0-NYo5OhBgyavZm4h6Kwbl2SSPm9KQEHT2UEIJo1U6e92rU0LRvyXCWWgoRClN3rIZRTvK8LsM0KuM8S94jd6s9roZhvSVVNpJ0l3JkE73QgdA/s72-c/IMG-20230313-WA0014.jpg
Sinar Nusantara
https://www.sinarnusantara.com/2023/03/komisi-1-dorong-peranan-fkub-fkdm-dan.html
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/2023/03/komisi-1-dorong-peranan-fkub-fkdm-dan.html
true
6905924838195669848
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy