Kantor Hukum LSWYER'S OFFICE - LEGAL CONSULTANT MARTINUS ZEBUA, SH & ASSOCIATES berhasil membebaskan Delianus Zebua dari Penjara.

  Sinarnusantara.com, Bagan Siapiapi - Delianus Zebua menghirup udara bebas setelah Kuasa Huiumnya mengajukan Restorative Justice di Kejaksa...

 

Sinarnusantara.com, Bagan Siapiapi - Delianus Zebua menghirup udara bebas setelah Kuasa Huiumnya mengajukan Restorative Justice di Kejaksaaan Negeri Rokan Hilir.

Sebelumnya Delianus Zebua disangka melanggar Pasal 374 KUHPidana. Demikian penjelasan Kuasa hukumnya Adv. Putra Sinambela, SH Kepada awak media.

Adapun Kasus Posisi Delianus Zebua kata Putra Sinambela, SH bermula pada hari Jumat, tanggal 25 Agustus 2023 yaitu pada siang hari saat Tersangka sedang menjalankan tugas pekerjaannya sebagai Buruh Panen di PT GUNUNG MAS RAYA, Terdakwa sambil memanen tandan buah sawit juga memungut brondolan buah sawit yang jatuh dan dimasukkan dalam karung-karung, selanjutnya tandan buat sawit itu dimasukkan ke dalam truk untuk diangkut sedangkan brondolan di sembunyikan di semak – semak sekitar kebun tersebut.

Kemudian pada malam harinya sekitar pukul 23.00 Wib Tersangka memasuki area kebun sawit PT GUNUNG MAS RAYA melewati jalan masuk karyawan untuk memindahkan brondolan sawit yang telah ada dalam karung-karung goni, lalu saat Saksi AZIS PURNOMO dan Saksi MIFTAHUL FAJRI yang merupakan pegawai PT. GUNUNG MAS RAYA sedang melakukan patroli di area kebun sawit PT GUNUNG MAS RAYA, kemudian Saksi AZIS PURNOMO dan Saksi MIFTAHUL FAJRI melihat Tersangka DELIANUS ZEBUA yang merupakan pegawai/petugas panen PT. GUNUNG MAS RAYA sedang mengangkat brondolan buah sawit menggunakan karung-karung goni, lalu saksi AZIS PURNOMO dan Saksi MIFTAHUL FAJRI menghampiri Tersangka, lalu Tersangka segera melarikan diri.


Keesokan harinya pada pukul 10.00 WIB, Saksi AZIS PURNOMO dan Saksi MIFTAHUL FAJRI segera mengamankan Tersangka yang sedang berada di area kebun sawit PT GUNUNG MAS RAYA dan barang bukti berupa 46 (empat puluh enam) karung goni berisikan brondolan sawit milik PT. GUNUNG MAS RAYA untuk kemudian dibawa ke Kantor Polisi Sektor Bagan Sinembah. Saat ditanyakan oleh penyidik Polsek Bagan Sinembah, Tersangka mengakui akan mengambil 46 (empat puluh enam) karung brondolan sawit milik PT GUNUNG MAS RAYA untuk kepada Sdra MIMIN (DPO).


Berdasarkan Surat Keterangan Nomor: 002/SRE-2/VIII/2023 tanggal 26 Agustus 2023 dari PT GUNUNG MAS RAYA menjelaskan Tersangka DELIANUS ZEBUA, sampai saat ini masih aktif bekerja sebagai buruh panen. Kerugian yang dialami korban senilai kurang lebih Rp 4.000.000,- (empat juta rupiah).

Bahwa pengajuan Berkas perkara Delianus Zebua untuk dilakukan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan Restoratif Justice disetujui oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung RI dengan pertimbangan telah memenuhi Pasal 5 Peraturan Kejaksaan Republik Indonesia Nomor : 15 Tahun 2020 dan Surat Edaran Jampidum Nomor : 01/E/EJP/02/2022 Tanggal 10 Februari 2022 tentang Pelaksanaan Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif sebagai perwujudan kepastian hukum.

Alasan pemberian penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif ini diberikan yaitu :

1. Telah dilaksanakan proses perdamaian dimana tersangka telah meminta maaf kepada korban dan korban sudah memberikan maaf kepada tersangka;

2. Tersangka belum pernah dihukum;

3. Tersangka baru pertama kali melakukan perbuatan pidana;

4. Ancaman pidana denda atau pidana penjara tidak lebih dari 5 tahun;

5. Tersangka berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya;

6. Proses perdamaian dilakukan secara sukarela (tanpa syarat) dimana kedua belah pihak sudah saling memaafkan dan tersangka berjanji tidak mengulangi perbuatannya dan korban tidak ingin perkaranya dilanjutkan ke persidangan;

7. Masyarakat merespon positif penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif. tutupnya...


Sambungnya oleh Adv. Martinus Zebua, SH - Benar bahwa semalam tertanggal 25 Oktober 2023 Klien kami telah keluar dan bebas dari lapas kelas 2 bagan siapi-api atas hasil RJ yang kita perjuangkan beberapa minggu terakhir ini.


Kami berterimakasih Kepada baik itu dari korban maupun juga kepada pihak Kejaksaan Negeri Rokan Hilir atas kerja samanya dalam memperhatikan dan mengedepankan tegaknya rasa keadilan (Restorative Justice), sehingga RJ tersebut berjalan dengan baik dan tercapai tujuannya sebagaimana yang diharapkan dalam dunia keadilan. Dan oleh karena itu Kepala Kepala Kejaksaan Negeri Rokan Hilir menerbitkan surat ketetapan penghentian penuntutan (SKP2) berdasarkan keadilan restoratif justice sebagai perwujudan kepastian hukum berdasarkan Peraturan Kejaksaan Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif. Dan Puji Tuhan proses pembebasan Delianus Zebua di Lapas kelas 2 Bagansiapiapi berjalan tertib aman dan lancar dan serta juga Delianus Zebua telah kami jemput dan serahkan kepada keluarganya. Tuturnya (*)

COMMENTS


Name

ADVERTORIAL,49,BALI,11,BANGKINANG,2,BBENGKALIS,12,BENGKALIS,239,BENGKALIS.,13,BENGKALS,4,DUMAI,43,DURI,9,INDRAGILI HILIR,6,INDRAGILI HULU,7,JAKARTA,9,KAMPAR,160,KAMPAR.,1,KEP.MERANTI,3,KESEHATAN,2,KUANTAN SINGINGI,7,NASIONAL,12,NASIONAL.,2,NIAS BARAT,6,PEKANBARU,256,PEKANBARU.,6,PELALAWAN,86,PELALAWAN.,4,PEMERINTAHAN,5,RENGAT,1,RIAU,20,ROHUL,4,ROKAN HILIR,137,SIAK,10,Tapanuli Selatan,1,
ltr
item
Sinar Nusantara: Kantor Hukum LSWYER'S OFFICE - LEGAL CONSULTANT MARTINUS ZEBUA, SH & ASSOCIATES berhasil membebaskan Delianus Zebua dari Penjara.
Kantor Hukum LSWYER'S OFFICE - LEGAL CONSULTANT MARTINUS ZEBUA, SH & ASSOCIATES berhasil membebaskan Delianus Zebua dari Penjara.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgbKMf21AkKbt0JYPjZUxRrSUbi3h_LwWN6F1hJO_2qBwfsURmHdqQB2YZIf-IUS61n_WidKBOWE8PSuJrQN_7MEKDIpJbtGafJcy05hyphenhyphenhIDU9cGebIqbadS5MA4ZA4Jq57tFp8yPGnyz3uJICdyhOgh29c1_NFkjMR4zkQxM8PWRWTj8PefVmm0nHGHw1k/s320/IMG-20231026-WA0022.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgbKMf21AkKbt0JYPjZUxRrSUbi3h_LwWN6F1hJO_2qBwfsURmHdqQB2YZIf-IUS61n_WidKBOWE8PSuJrQN_7MEKDIpJbtGafJcy05hyphenhyphenhIDU9cGebIqbadS5MA4ZA4Jq57tFp8yPGnyz3uJICdyhOgh29c1_NFkjMR4zkQxM8PWRWTj8PefVmm0nHGHw1k/s72-c/IMG-20231026-WA0022.jpg
Sinar Nusantara
https://www.sinarnusantara.com/2023/10/kantor-hukum-lswyers-office-legal.html
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/
https://www.sinarnusantara.com/2023/10/kantor-hukum-lswyers-office-legal.html
true
6905924838195669848
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy